Tentara Buka Jalan, Para Petani Pun Kembali Manfaatkan Lahan

Tentara Manunggal Membangun Desa ( TMMD) betul-betul menjadi berkah bagi para petani gambir, karet, dan buah pala di Kampung Tanjung Kandis, Kenagarian Taluak Tigo Sakato. Lahan yang sebelumnya sudah menjadi semak belukar, kembali mereka buka. Karena, jalan sebagai kendala selama telah terbuka.


Tak bisa dipungkiri, kawasan TMMD ke 97 tersebut, ternyata memiliki potensi ekonomi luar biasa. Tidak hanya gambir, pohon karet dan buah pala juga mampu menyokong kehidupan ekonomi masayarakat lebih baik dan maju. Tinggal lagi, keseriusan masyarakat setempat untuk menggarap secara optimal dan berkelanjutan.
Indra (44) seorang petani Gambir mengatakan semenjak program TMMD membuka akses jalan tani sepanjang 12 kilometer di area perbukitan itu, sudah banyak warga yang membuka lahan pertaniannya. “Warga bersemangat membuka lahan yang dulu ditinggalkan. Pasalnya, jalan menuju ke ladang mereka telah terbuka oleh perjuangan tentara,” ungkapnya, Selasa, 27/9/2016.
Ia menyebut dulu jalan yang ditempuh menuju lokasi ladang sangat sulit. Warga melewati hutan rimba berbelok- belok dengan medan penuh tantangan. “Tapi kini, Alhamdulilah sudah bisa pakai motor. Hal ini terjadi, setelah pasukan TMMD membuka jalan untuk kami sebagai petani. Sangat bersyukur sekali kami ini berkat perjuangan prajurit TNI ” sebutnya yang mengaku memiliki sekitar dua hektar ladang gambir yang akan digarap kembali.

Related

Lowongan Kerja 6748953386870199047

Post a Comment

emo-but-icon

Ik Gambar untuk lokasi

Translate


Terkini

Comments


Tip dan Trik

loading...
item