Buka FLS SMPN 4 Tarusan, Kadisdikbud Pessel : Kepsek Harus Kreatif dan Komunikatif

Disdikbud Pesisir Selatan
Sekretaris Disdikbud Pesisir Selatan lakukan tendangan  pertama saat membuka FLS SMPN 4 Koto XI Tarusan (foto saribulih) 

Kepala sekolah harus mampu berkreasi untuk menggaet peserta didik. Juga, harus mampu berkomunikasi dengan semua pihak, terutama komite sekolah dan walinagari. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Selatan ((Pessel) yang diwakili Sekretaris, Yusmardi saat membuka Festival Literasi Sekolah (FLS) SMPN 4 Koto XI Tarusan di sekolah tersebut, Senin (28/3/2022) 

Dia tambahkan, kegiatan FLS adalah salah satu kreativitas yang dikembangkan. Agar mampu melahirkan peserta didik yang mumpuni. 

"Sekolah harus berkreasi. Terutama menyikapi, makin berkurangnya jumlah peserta didik. Kepala sekolah harus menggandeng komite sekolah dan wali nagari untuk mendapatkan solusi persoalan ini, " ujarnya yang didampingi Kabid PTK, Sudirman. 

Sementara, Kepala SMPN 4 Koto XI Tarusan, Jafrizal dalam sambutannya mengatakan FLS ini adalah sebagai upaya untuk memperkenalkan berbagai kegiatan pad apara peserta didik SD dalam zona sekolah ini. Selain itu, juga merangkul peserta didik melanjutkan pendidikan di SMPN 4 Koto XI Tarusan. 

"Kegiatan ini sebagai upaya menggali potensi peserta didik jenjang SD di zona SMPN 4 Koto XI Tarusan. Mudah mudahan akan kita tindaklanjuti, jika mereka melanjutkan pendidikan ke SMPN 4 Koto XI Tarusan, " ujarnya. 

Ketua Panitia Pelaksana FLS melaporkan kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dengan melibatkan 9 SD di zona SMPN 4 Koto XI Tarusan. Kegiatan diawali dengan pertandingan futsal di hari pertama, Senin (28/3). Sedang lomba tahfizh juz 30 akan berlangsung pada Selasa (29/3/2022) dan hari terakhir Rabu (30/3) lomba solo song. 

"Dasar pemikiran kegiatan ini berdasarkan konsep Merdeka Mengajar pada kurikulum merdeka yang telah digelontorkan Mendikbudristek. Sebagaimana target kurikulum ini untuk melahirkan talenta sampai ke level nasional, " ujar Saribulih. 

Pada kesempatan itu, Saribulih juga mengucapkan terimakasih pada Muhayatul, Alumni SMPN 4 Koto XI Tarusan, Wali Nagari Duku Utara, Duku, Batuhampar dan Batuhampar Selatan. 

Ucapan yang sama dia sampaikan pada Ketua Komite SMPN 4 Koto XI Tarusan, para kepala sekolah SD di zona SMPN 4 Koto XI Tarusan, para pelajar dan teristimewa para peserta FLS. 

Artikel ini sudah tayang pertama kali di SPIRIT SUMBAR



Related

Pendidikan 5389341524610717622

Post a Comment

emo-but-icon

Ik Gambar untuk lokasi

Translate


Terkini

Comments


Tip dan Trik

loading...
item