Laskar Rempah Dapatkan Materi Bertahan di Laut

Laskar Rempah

Program Muhibah Jalur Rempah memasuki hari ketiga pelayaran, pada Jumat (3/6/2022).

Baca : Tanah Datar Benahi SOP Pengelolaan Informasi

Sejak berlayar dari Surabaya pada 1 Juni lalu, peserta Laskar Rempah mendapat pembekalan tentang cara bertahan di laut. Pembekalan tersebut berupa peran penyelamatan kapal, peninggalan kapal, pengenalan peta, navigasi, alat kesehatan, serta pengenalan jaga di laut.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Restu Gunawan, yang turut mendampingi Laskar Rempah.

Di atas kapal menjelaskan, sebelum mengenal teknologi navigasi, tanda-tanda alam adalah pedoman berlayar bagi pelaut pelaut di Nusantara. Salah satunya yang digunakan oleh pelaut Bugis.

Baca : JBB, Anak Yatim Harap Donatur Pakaian Sekolah

“Orang Bugis-Makassar telah mengekspresikan budaya dan kearifan lokal dalam naskah-naskah kuno yang ditulis dengan aksara yang disebut Lontaraq,” ujar Restu pada saat berlayar di Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci, pada Jumat (3/6/2022).

Restu mengatakan, naskah kuno ini menjadi sebuah sumber informasi sosial budaya. Di dalam naskah tersebut termuat beraneka ragam peristiwa dan tokoh sejarah. Di samping adanya peristiwa kemajuan masyarakat.

“Naskah ini menyediakan bahan penggambaran untuk melihat situasi dan kondisi yang terjadi pada era sekarang, dengan memahami kronologi yang terjadi pada masa lampau,” ujar Restu.

Baca :  Sepi di Makruf Ramai di Munkar

Salah satu naskah kuno tentang pengetahuan tradisional masyarakat Bugis yang berhubungan dengan pelayaran adalah naskah “Lontaraq Atoreng Toriolo‟. Salah satu isi dari naskah tersebut, adalah Hukum Laut Amanna Gappa, catatan tentang navigasi, dan pengetahuan tentang meteorologi dan tanda-tanda alam.

Related

Pendidikan 2184021117012173307

Post a Comment

emo-but-icon

Ik Gambar untuk lokasi

Translate


Terkini

Comments


Tip dan Trik

loading...
item