Alsintan untuk Kelompok Tani Padang

etdako Didi Aryadi dikala menggantikan Wali Kota Padang
Setdako Didi Aryadi dikala menggantikan Wali Kota Padang di Kantor Dinas Pertanian Kota Padang di Sungai Lareh, disaat memberikan dorongan, Jumat( 26/8/2022).

WIKIBISNIS.com - Wali Kota Padang bersungguh- sungguh menata pertanian di daerahnya. Terbukti, beberapa kelompok di Padang menemukan dorongan alat mesin pertanian( Alsintan). 

"Kita menuturkan terimakasih pada pak Hermanto yang betul- betul peduli pada orang tani," ucap Asisten II Setdako Didi Aryadi dikala menggantikan Wali Kota Padang di Kantor Dinas Pertanian Kota Padang di Sungai Lareh, disaat memberikan dorongan, Jumat,  26 Agustus 2022)

Dorongan alsintan tiba dari badan DPR RI dapil Sumatera Barat, Hermanto. Dorongan itu antara lain, hand traktor serta hand sprayer. Tidak itu saja, badan DPR RI itu pula menggelontorkan anggaran sumbangan untuk golongan bercocok tanam di Padang. 

Didi Aryadi mengatakan, sebenarnya Kota Padang luasnya cukup besar dibandingkan DKI Jakarta. Lahan pertanian pun juga cukup luas di Padang. Karena itu, Kota Padang menjadi daerah yang produksi pertaniannya cukup banyak.

"Meski di masa resesi, akan tetapi sektor pertanian tidak terganggu sedikit pun. Sektor pertanian dapat berdiri sendiri. Karena itu Padang merupakan daerah yang betul-betul serius terhadap pertanian," ujar Didi Aryadi.

Bukti keseriusan Kota Padang terhadap sektor pertanian yakni tetap mampu bertahannya Dinas Pertanian menjaga Lahan Sawah Dilindungi (LSD). Karena Padang memang berharap dapat terus swasembada pangan.

"Lewat bantuan ini kita harapkan produksi pertanian lebih baik," tutur Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan itu.

Anggota DPR RI Hermanto menyerahkan langsung bantuan kepada seluruh kelompok tani yang dibantu. Pada saat itu, dua hand traktor diberikan. 

Sebanyak 15 hand sprayer juga diserahkan. Termasuk uang hibah sebesar Rp750 juta bagi sejumlah kelompok tani. "Kita tidak ingin petani berhenti berproduksi, karena itu kita tetap berkomitmen memberikan bantuan kepada petani," ujar Hermanto.

Hermanto sempat menyinggung terkait kenaikan harga sejumlah bahan pokok beberapa waktu belakangan ini. Menurutnya, petani merupakan pihak yang terdampak ketika terjadi kenaikan harga.   "Lewat bantuan ini kita berharap produksi pertanian terus meningkat. Karena itu kita terus memikirkan bagaimana kita tetap mengalokasikan anggaran untuk petani," bebernya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengaturkan terimakasih. Atas bantuan yang dikucurkan pada beberapa kelompok tani di daerahnya. 

Menurutnya, bantuan ini cukup bernilai besar bagi para petani di saat ini. "Beratnya beban negara dan berkurangnya subsidi tentu berdampak kepada petani. Lewat bantuan ini tentu akan dirasakan sekali manfaatnya bagi petani. Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan ini," kata Syahrial Kamat.

Kadis Pertanian Kota Padang berpesan kepada kelompok tani yang menerima alsintan agar menjaga bantuan supaya tidak rusak. Merawatnya dengan baik dengan harapan dapat meningkatkan produksi pertanian.  "Kalau bisa setelah ini hand traktor yang didapat bisa 'beranak', satu traktor nantinya bisa menjadi dua traktor, tentunya dengan menyimpan penghasilan pertanian dengan baik," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat menyampaikan terimakasih. Atas bantuan yang dikucurkan kepada sejumlah kelompok tani di daerahnya.

Baginya, dorongan ini lumayan berharga besar untuk para orang tani dikala ini." Beratnya bobot negeri serta berkurangnya bantuan pasti berakibat pada orang tani. Melalui dorongan ini pasti hendak dialami sekali khasiatnya untuk orang tani. Kita melafalkan terimakasih atas dorongan ini," tutur Syahrial Kamat.  (rel/Alif)

Related

Terkini 5126489282283226259

Post a Comment

emo-but-icon

Ik Gambar untuk lokasi

Translate


Terkini

Comments


Tip dan Trik

loading...
item