Gaji ke-13 Bakal Gairahkan Ekonomi Masyarakat


Sri Mulyani
WikiBisnis.com - Berpedoman pada tahun tahun sebelumnya, pada akhir Juni para Aparatur Sipil Negara (ASN) telah menikmati gaji ke-13. Karena, penghasilan tersebut akan ikut menggerakkan perekonomian, lantaran gaji tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan.

Namun, walau telah memasuki awal Juli, tanda-tanda pencairan gaji ke-13 masih belum tampak. Pemerintah beralasan, gaji tersebut tergantung pada kondisi negara yang dihantam pandemi covid-19.

Pemerintah Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari mengaku belum dapat memastikan waktu pembayaran gaji ke-13 bagi para aparatur sipil negara (ASN).

Menurutnya pencairan gaji ke-13 masih dalam tahap pembahasan. “Masih dibahas internal,” kata Puspa pada wartawan sebagaimana dilansir Kompas.com, Senin (22/6/ 2020).

Ia menambahkan, pemberian gaji ke-13 mempertimbangkan sejumlah hal. Termasuk permasalahan pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi. “Yang jelas akan melihat perkembangan perekonomian, kondisi penanganan Covid, dan prioritas penggunaan dana,” ujar dia.



Sementara itu,  Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa gaji ke-13 telah masuk daftar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020. Pada tahun lalu, pembayaran gaji ke-13 dilakukan sesuai dengan jadwal yang ada, yakni pada Juni 2019. Gaji ke-13 bagi para ASN pada 2019 menghabiskan anggaran sebesar Rp 20 triliun.

Sebagai tambahan informasi, tunjangan hari raya ( THR) 2020 bagi ASN, TNI, dan Polri tidak diberikan untuk semua jabatan. Tahun ini, PNS yang mendapatkan THR yaitu semua pelaksana dan anggota TNI-Polri, hakim, dan hakim agung yang setara dengan jabatan eselon III.

Pegawai eselon I dan II, pejabat daerah, pejabat negara, presiden, menteri, DPR RI, dan DPP tidak mendapatkan THR. Dana sebesar Rp 29,382 triliun dikucurkan untuk pemberian THR para abdi negara tahun ini. Namun, terkait dengan waktu pencairan gaji ke-13 dan golongan penerimanya masih menunggu kepastian.



Related

Pendidikan 8984840245785368197

Post a Comment

emo-but-icon

Ik Gambar untuk lokasi

Translate


Terkini

Comments


Tip dan Trik

loading...
item