Sikapi Covid-19 Dengan Perencanaan Pembelajaran Yang Matang


Erman saat membimbing para SMPN 4 Koto XI Tarusan dalam kegiatan whorkshop yang digelar Senin, 6 Juli 2020 (foto ist)
Seorang guru harus mampu membuat rencana pembelajaran dengan efektif dan maksimal dalam era pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) atau virus corona ini. Perencanaan itu, juga harus diimplementasikan secara baik dan ikhlas.

Hal itu disampaikan Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan dalam Whorkshop menghadapi tahun ajaran 2020 - 2021 di UPT SMPN 4 Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Senin (6/7/2020).

Dia menambahkan, karena adanya virus corona jenis baru, severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) seorang guru harus memiliki kiat dan berbagai terobosnan dalam proses Belajar Mengajar (PBM). Karena  sampai saat ini memang belum ada keputusan final tentang metode pembelajaran. Semua tergantung situasi dan kondisi.

 "Sebagai guru, kita harus menyiapkan rencana pembelajaran dengan metode tatap muka, daring dan luring. Karena dalam kondisi saat ini, bisa saja ketiga metode itu akan diterapkan," ujarnya.

Dia menegaskan, persiapan atau rencana pembelajaran sangat penting dalam menjalankan proses belajar mengajar (PBM). "Jika tidak bawa RPP, guru tidak usah masuk kelas. Karena, pedoman PBM adalah RPP. Untuk itu, RPP harus sudah ada sebelum tahun ajaran baru dilaksanakan," ujarnya.

Tonton Video:
 

Sebelumnya, Kepala SMPN 4 Koto XI Tarusan, H. Arbais, M.Pd. mengungkapkan whorkshop ini sebagai upaya untuk mempersiapkan proses belajar mengajar (PBM) untuk tahun ajaran 2020 - 2021.

Selain mempersiapkan rencana pembelajaran, juga untuk menginput berbagai kebutuhan para guru dalam PBM. "Kita akan penuhi berbagai kebutuhan, agar PBM bisa berjalan maksimal," ujarnya.

Whorshop pemantapan proses pembelajaran ini berlangsung selama 2 hari. Pada Senin (6/7/2020) difokuskan pada bimbingan. Sementara, Selasa (7/7/2020) dilaksanakan secara mandiri. (Salih)

Tulisan ini telah tayang di Spiritsumbar.com dengan judul : Erman Berbagi Kiat PBM di Masa Pandemi pada Guru SMPN 4 Tarusan dan Marwahsumbar.com, dengan judul : Perencanaan Pembelajaran Harus Matang

Related

Pendidikan 6594023437757531415

Post a Comment

emo-but-icon

Ik Gambar untuk lokasi

Translate


Terkini

Comments


Tip dan Trik

loading...
item