Imam Januar Sempat Dituding Kaya Melalui Persugihan

Tajir Berkat Youtube
Tajir Berkat Youtube

Berbagai suka duka dirasakan Imam saat menjadi Youtuber. Dia dicap negatif karena dianggap mendapatkan uang dianggap secara instan melalui persugihan. 

Bahkan, ketika masih bekerja di toko baju, dia juga dituduh korupsi dari tempat kerjanya. Akhirnya, dia berhenti pada tahun 2019 dan memilih fokus di Youtube.

Dia mengisahkan, lantaran tak memiliki modal yang cukup, ia hanya memanfaatkan telepon seluler Andorid-nya untuk merekam video, mengedit dan mengunggah ke akun Youtube. 

"Baru pada tahun 2018 jerih payahnya membuahkan hasil. Ia langsung mendapatkan bayaran Rp 45 juta dari YouTube. Angka itu terus berkembang, seiring berjalannya waktu. Setelah berjalan sekitar 2 tahun, baru dapat dilihat. Sekarang sekitar Rp 250 juta tiap bulannya,"  ujarnya.

Karena pekerjaan barunya itu memang jarang dilihat orang, Imam terus terang mengaku sempat jadi sasaran fitnah tetangga. Betapa tidak, ia yang dulunya tergolong berekonomi pas-pasan, mendadak bisa merenovasi rumah, membeli kendaraan, bahkan dapat melunasi utang-utangnya. 

Tonton Video : In memoriam H. Nasrul Abit


Namun seiring bergulirnya waktu, tanggapan orang di desanya sudah berbeda. Jika dulunya diduga melakukan hal yang tidak benar, kini mereka justru ingin tahu bagaimana menghasilkan uang dari Youtube. 

"Youtube ini memang cukup fenomenal. Jika dikelola dengan baik, menghasilkan rupiah. Tapi kalau salah pengelolaannya, dapat berdampak hukum, kendati juga menghasilkan uang. Jadi, terpulang ke kitanya juga. Mau memilih yang mana," pungkas Imam Januar.  

Dia mengungkapkan, bukan hanya dirinya, beberapa pemuda di desa berjuluk 'Kampung YouTuber' setali tiga uang. Hasilnya dari konten kanal Youtube-nya,  sama, puluhan hingga ratusan juta per bulan

Sekarang, Imam merasa senang melihat kampung menjadi sorotan dari warga lain. Ada semangat para pemuda membuat konten Youtube. Namun dirinya meminta untuk tidak membuat konten hoaks karena merugikan orang lain dan diri sendiri. “Buatlah konten yang ada nilainya,” ujar dia.   

Pada awalnya, saluran Youtube Imam Januar lebih banyak membagikan foto traffic Youtube-nya dan jual beli akun YouTube dan fanspage. Tidak tanggung-tanggung, satu akun Youtube yang dijual Iman Januar bisa laku senilai Rp225 juta dan dibelakangnya nempel belasan silver play button. 

Silver play button merupakan bukti apresiasi kepada YouTuber karena sudah memiliki lebih dari 100.000 subsciber atau pengikut di channel mereka. 

Penghargaan ini dijelaskan YouTube di halaman resmi mereka sebagai bagian dari program Creator Awards. Namun akhir-akhir ini, Imam Januar sering membagikan tips-tips, motivasi dan semangat terhadap netizen. 

Bahkan jika membaca beberapa komentar di saluran Youtubenya, banyak tag dari beberapa Youtuber terkenal yang berterima kasih kepada Imam Januar karena sudah diberi kiat-kiat sukses menjadi YouTuber. 

Tidak mengherankan jika Imam Januar dijuluki sebagai suhu YouTube di komunitas YouTuber. Pasalnya, banyak sekali YouTuber sukses hari ini yang diam-diam telah berguru dari Imam Januar.

Sebelumnya :

Ini Sosok yang Merubah Bondowoso Menjadi Kampung YouTuber

Selengkapnya :

Kampung YouTuber Jadikan Para Pemuda Bondowoso Orang Kaya Baru



Editor : SARIBULIH

Related

Video 3076528367957921677

Post a Comment

emo-but-icon

Ik Gambar untuk lokasi

Translate


Terkini

Comments


Tip dan Trik

loading...
item