Di Sawahlunto Sampah Disulap Jadi Emas

Pembelian sampah masyarakat

Sawahlunto - Dalam rangka memperkuat pemahaman tentang perilaku pengurangan sampah di rumah tangga, ibu-ibu Dharmawanita PDAM melaksanakan sosialisasi mengenai memilah sampah menabung emas di bank sampah induk emas bersih karang taruna Kota Sawahlunto binaan PT. Pegadaian  di kantor PDAM Kota Sawahlunto, Sabtu 5 Februari 2022

Ketua DW PDAM, Ika Meliana menyampaikan, kegiatan yang dilakukan pada pertemuan bulanan DW ini sengaja disiapkan materi tentang bank sampah. Karena persoalan sampah di kantor maupun di rumah tangga sudah harus menjadi perhatian bersama.

“Biasanya kami masih ada yang berperilaku membakar sampah. Jika sampah sudah menumpuk di rumah atau menimbun sampah dengan menggali lobang di halaman rumah. Selain itu kami juga tertarik dengan tabungan emas pegadaian yang dikoneksikan dengan tabungan sampah,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kota Sawahlunto sekaligus pengurus bank induk emas bersih karang taruna Kota Sawahlunto Andri Maha Putra menyampaikan,  bank sampah karang taruna ini merupakan binaan lansung Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto serta didukung oleh PT. Pegadaian.

Bank sampah merupakan salah satu sarana pendukung upaya pengurangan sampah di sumber sampah. “Kami ingin bank sampah ini tidak hanya menjadi tempat menabung sampah dan mendatangkan tambahan ekonomi bagi ibu-ibu  rumah tangga. Tapi yang menjadi tujuan utama itu adalah bank sampah mampu mengedukasi individu penghasil sampah untuk membiasakan diri memilah sampahnya dari rumah. Sehingga sampah yang dibuang ke TPA sampah jadi lebih sedikit,” ujarnya.

Pada pertemuan DW PDAM tadi juga dilakukan simulasi atau praktek serta penjelasan tentang jenis-jenis sampah yang bisa ditabung di bank sampah. Para ibu yang hadir sangat antusias untuk memulai menabung sampah menjadi tabungan emas.

Penimbangan perdana tadi lansung menabung ketua DW PDAM serta satu orang anggota dengan total sampah yang tertimbang 25 kg dan dikonversikan ke tabungan emas menjadi 0,03 gram emas. Kedepan para ibu DW menyepakati setiap sekali sebulan pertemuan DW wajib membawa sampah dan ditabung ke bank sampah. (rel)

 

Related

Teknologi 3634477970752899808

Post a Comment

emo-but-icon

Ik Gambar untuk lokasi

Translate


Terkini

Comments


Tip dan Trik

loading...
item