Public Speaking di MGMP IPS Padang, Alkamar: Guru Harus Miliki Seni Komunikasi

Peserta MGMP IPS Kota Padang bersama pemateri Public Speaking
Peserta MGMP IPS Kota Padang bersama pemateri Public Speaking (foto: Ist)

WIKIBISNIS - Guru tidak hanya sekedar mengajar. Tapi, juga harus memahami kondisi siswa dalam proses belajar mengajar. Terutama dengan kemampuan seni komunikasi atau Public Speaking.

Harapan itu disampaikan Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (MGMP IPS) Alkamar, S.Pd. dalam kegiatan MGMP IPS di SMPN 7 Padang, Rabu, 6 September 2023.

"Selain memberikan materi kurikulum merdeka yang terkini, dalam menyusun program MGMP juga membekali guru dengan motivasi dan skill dengan menyampaikan materi pada siswa dengan lebih menarik," ujar Alkamar yang berprofesi sebagai guru IPS di SMPN 40 Padang ini 


Kurikulum merdeka memberi peluang pada guru untuk berkreasi. Untuk itu, guru harus mampu mengekplorasi diri. Agar prosesi belajar lebih menarik dan diminati siswa. Public Speaking guru penting agar melaksanakan PBM yang beroreantasi pada audiens" ujarnya.

Kehadiran Kurniawati Rahmadini, S.Psi, M.Soc, SCCMLP sebagai pemateri Public Speaking, sangat mendapat respon positif dari para peserta MGMP. Apalagi, metode penyampaian materi oleh Kurniawati Rahmadini berlangsung dalam suasana hidup.

Kurniawati Rahmadini tidak hanya menyampaikan materi secara teoritis. Namun, melibatkan para peserta MGMP dengan berbagai game dan praktek. 

Sherly Andila, S.Pd. salah seorang peserta dari SMPN 6 Padang merasa bersyukur adanya materi Public Speaking di MGMP IPS Kota Padang. Menurutnya, materi sangat bermanfaat bagi guru, terutama dalam seni berkomunikasi dan pemahaman terhadap kondisi siswa.

"Ini salah satu upaya peningkatan kompetensi dibidang seni komunikasi dan memahami audiens. Apalagi, yang kita hadapi adalah para siswa SMP dengan psikologi fase awal. Mereka cenderung reaktif, labil, pesmistik," ujar Wakil Kepala SMPN 6 Padang ini.

Selain itu, ujarnya, pada dasarnya meningkatkan kemampuan public speaking juga bermanfaat untuk memudahkan guru menyampaikan informasi penting kepada orang tua, terutama saat ada rapat besar. "Jadi,betapa pentingnya meningkatkan kemampuan public speaking," ujarnya.

Hal sama, Drs. Jamrus dari SMPN 27 Padang mengungkapkan Public Speaking merupakan salah satu soft skill dalam proses pembelajaran. Seorang guru ujarnya, harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan.

"Untuk seorang guru, public speaking merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki dan harus terus ditingkatkan. Karena kemampuan public speaking bermanfaat untuk memudahkan guru menyampaikan informasi kepada siswa. Sehingga siswa bisa memahami materi pelajaran dengan sebaik mungkin," ujar Jamrus yang juga salah seorang unsur pimpinan di SMP 27 Padang.

Dengan kemampuan public speaking yang baik, guru ujarnya ,dapat lebih mudah dalam menghadapi situasi yang tidak terduga sebelumnya. Selain itu, pentingnya kemampuan public speaking bagi guru adalah segala materi dan informasi yang disampaikan kepada siswa akan lebih mudah dipahami dan diterima dengan baik. (Salih)


Related

Terkini 106646085383454278

Post a Comment

emo-but-icon

Ik Gambar untuk lokasi

Translate


Terkini

Comments


Tip dan Trik

loading...
item