Kehidupan Ikhlas Umat Islam

Wiki Bisnis - Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

Betapa pentingnya usahanya mendekatkan diri ini (ber-qurban) sehingga dalam ajaran Islam menetapkan syariat qurban, dalam bentuk penyembelihan hewan kurban satu tahun sekali, kepada yang mampu, yaitu pada setiap Hari Raya Idul Adha (Idul Haj atau disebut juga Idul Qurban), yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Secara umum makna qurban (kurban) dalam pengertian bahasa berasal dari kata qaruba-yaqrubu-qurbanan, yang artinya dekat atau mendekatkan diri.
Orang yang berkurban adalah orang yang berusaha mendekatkan dirinya dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia. Sedangkan kurban dalam kaitan penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Kurban diistilahkan dengan al-udhiyyah, yang sangat dianjurkan (sunnah muakadah) untuk dilakukan oleh yang sangat dianjurkan (sunnah muakadah) untuk dilakukan oleh orang (keluarga) yang memiliki kemampuan. Allah SWT berfirman : “maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah” (Q.S. 108:2).


loading...

Related

Lowongan Kerja 3071681761551227539

Post a Comment

emo-but-icon

Ik Gambar untuk lokasi

Translate


Terkini

Comments


Tip dan Trik

loading...
item