Siaga Bencana, Gempa Mengguncang, BIM Terbakar

Kondisi BIM dalam siaga bencana (foto Dio)


WikiBisnis.com - Gempa bumi dengan kekuatan  8,8 skala richter mengguncang Bandara Internasional Minangkabau (BIM),  Sumatera Barat, Kamis  (4/5/2017) pagi.

Gempa dengan potensi tsunami ini menyebabkan kebakaran di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU)  di area Bandara Internasional Minangkabau, Padang. Petugas pemadam kebakaran dituntut mampu menjinakkan api sekaligus menyelamatkan rekan mereka yang mengalami kecelakaan.

Api terlihat menyala di depot pengisian pesawat udara  Bandara Internasional Minangkabau yang dikelola oleh PT Pertamina.  Tak lama kemudian terdengar ledakan. seorang pekerja pertamina, tampak terkapar di  dekat area yang terbakar tersebut. Sirene kemudian dibunyikan tanda  terjadi keadaan darurat. Petugas pemadam kebakaran kemudian berdatangan untuk memadamkan api yang terus membara.

Itu adalah skenario simulasi keadaan darurat  jika terjadi gempa dengan skala besar, yang berpotensi terjadinya tsunami.  Petugas kewalahan karena api terus menjalar bahkan sudah mendekati tangki  penampungan  avtur. Petugas berhasil mengevakuasi korban luka-luka akibat ledakan yang terjadi sebelumnya.

Mobil pemadam kebakaran kemudian didatangkan  untuk menjinakkan si jago merah yang terus membara. setelah berjuang selama 30 menit, akhirnya petugas berhasil menguasai keadaan dan memadamkan api.
“Karena ini menyangkut nyawa manusia, maka dalam simulasi ini, yang kami utamakan adalah keselamatan jiwa anggota kami yang mengalami luka-luka akibat ledakan di depot pertamina. Setelah itu barulah dilakukan proses pemadaman,” ujar Ridwan, Operation Head  DPPU BIM.

Setelah keadaan kondusif, para pekerja kemudian menuju tempat evakuasi akhir, untuk menghindari jika terjadi tsunami.  Dengan simulasi seperti ini, pihak pertamina berharap, anggotanya di lapangan dapat menjalankan prosedur  tetap jika terjadi bencana, baik itu gempa, tsunami  maupun kebakaran di area depot pertamina di Bandara Internasional Minangkabau. (dio)
loading...

Related

Lowongan Kerja 2099032012779952785

Post a Comment

emo-but-icon

Ik Gambar untuk lokasi

Translate


Terkini

Comments


Tip dan Trik

loading...
item